kopi
0

Belakangan, cafe atau kedai kopi atau warung kopi di Lampung tumbuh dan berkembang, bak jamur di musim hujan.  Masing – masing menawarkan “jagoan” kopinya disertai dengan racikan khas ala barista di lokasi mereka.

Beberapa dari mereka menawarkan kopi Arabika dan Robusta dari beberapa daerah di Indonesia, tetapi ada juga yang terbatas pada beberapa pilihan saja.  Dan tentu saja saja kopi robusta Lampung menjadi salah satu menu-nya.

Beberapa cafe menawarkan racikan kopi robusta Lampung bedasarkan daerah penghasilnya, contohnya Sumber Jaya, Ulu Belu, Sekincau, yang dilabel dengan citarasa dan proses pembuatannya. Sebut saja Sekincau dry process honey. Cool kan?

Kopi Lampung sendiri secara umum merupakan jenis Robusta, yang telah dibudidayakan sejak lama (konon kabarnya sejak zaman kolonial – Admin coba jelaskan nanti di tulisan yang lain). Selama rentang waktu budidaya tersebut banyak terjadi persilangan antar tanaman kopi, yang kemudian menghasilkan tanaman baru yang memiliki sifat yang berbeda dari induknya.   Hal ini sangat mungkin terjadi mengingat kopi Robusta adalah tanaman yang melakukan perkawainan silang (cross pollination).

Admin menelusuri informasi tentang perkembangan kultivar kopi robusta Lampung, dan ternyata telah ada penelitiannya. Tersimpan dengan baik di jurnal ini. Dari penelitian yang dilakukan di 3 kabupaten penghasil kopi di Lampung, diketahui ada ditemukan 27 kultivar kopi, 25 adalah kopi Robusta, sisanya kopi Arabika var. Kate dan Liberika kultivar Robinson. Daftar lengkap kultivar kopi lampung ada di bawah ini:

Data di atas sangat menarik bukan? Kita tahu bahwasannya, ada kultivar kopi yang sama dan tersebar di ketiga daerah penghasil kopi di Lampung, contohnya Tugu Kuning, dan Tugusari. Dalam jurnal ini juga dijelaskan bahwa kopi Bakir merupakan kopi “tua” di Lampung. Dan munculnya kultivar kopi robusta di Lampng tidak lepas dari peran masuknya kopi robusta dari provinsi lain, antaranya Bengkulu dan Sumatera Selatan.

Informasi mengenai asal muasal kopi (sejarah) dari beberapa kultivar kopi robusta Lampung dijelaskan sebagai berikut:

Lalu, jika jenis kopinya sama bagaimana terjadinya perbedaan rasa dari masing-masing daerah seperti yang dilabelkan setiap cafe di menu minumannya? ….. Jawabannya mungkin saja berbeda… tapi nanti kita bahas di tulisan yang lain ya

admin

Kopi Lampung

Previous article

Beberapa Manfaat Cabe Jamu atau Cabe Jawa, dan Cara Pengolahannya

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Agriculture